Press "Enter" to skip to content

Yang Sering Menggambar Pasti Kenal Dengan Merek Penghapus Ini

Tombows yang saya pakai buat coret-coretan

Mereknya memang tidak seterkenal seperti Faber Castell atau Staedler, tetapi bukan berarti produk-produk merek ini tidak laku untuk dijual. Buktinya, banyak para seniman memakai produk-produk keluaran mereka. Sebagai salah satu konsumen produk alat tulis, Tombow telah banyak membantu para pelukis/ drafter dalam menghasilkan karyanya. Jika kebanyakan penghapus pensil yang dijual berbentuk seperti cokelat berbentuk persegi. Penghapus pensil Mono Zero keluaran Tombow adalah produk berbeda dari yang lain. Dari desainnya yang menurut saya unik, karena berbentuk layaknya seperti pensil atau pena. Ujung penghapusnya ada yang berbentuk silinder atau juga persegi yang pastinya masing-masing memiliki kegunaan tersendiri. Selain itu juga, penghapus pensil ini bisa diisi ulang apabila telah habis terpakai.

Sejarah Tombow

Perusahaan ini sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1913 oleh Harunosuke Ogawa. Saat itu Harunusuke membuka toko “Pensil Harunosuke Ogawa” di kota Asakusa. Setahun berikutnya, keluarlah pensil merek Mason yang disusul produk pensil seperti stick bermerek “Submarine” (1915), “Kaiman Roro”, dan “Cabinet” (tahun 1916). 

Divisi Ballpen Co., didirikan pada tahun 1973. Perusahaan ini mendirikan lokasi Eropa pertamanya pada tahun 1980, di Cologne , Jerman , dengan nama Tombow Pen & Pencil GmbH. Operasi internasional diperluas ke Amerika Serikat di Westlake Village, California tahun 1983, Bangkok, Thailand 1990, lalu Vietnam di tahun 2003 serta Cina tahun 2011.

Seperti produsen alat tulis lainnya, produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak hanya berupa pensil saja. Ada juga pulpen, lem, marking pen, penghapus pensil / pulpen. Bahkan, yang membuat saya tercengang ialah mereka juga memproduksi produk kosmetik.

Desain logo

Logonya menurut saya cukup unik, yaitu bergambar capung. Kata Tombow dalam Bahasa Jepangnya “tonbo” yang berarti “capung”. Sejak dulu Jepang disebut sebagai Akitsu shima (pulau capung). Konon, dipilihnya capung sebagai logo Perusaaan karena serangga ini adalah serangga yang mempunyai banyak keistimewaan dan dianggap membawa keberuntungan.

1957-1995 – Logo dibuat lebih sederhana tanpa mengubah konsep utama. Didesain oleh Takashi Kano. Logo ini dibuat saat memperkenalkan produk baru seperti pensil mekanik, pulpen dan marking pen.

1995-2012 – Logo capung kemudian berubah guna ekspansi ke eropa. Logo ini tidak lagi dibuat berupa capung, akan tetapi berupa tulisan dan inisial berupa huruf “W” yang berarti berlaku global (wordwide).


Logo capung dipakai kembali saat perayaan ultah Perusahaan yang ke 100. Sampai saat ini logo ini tetap dipakai diseluruh dunia. Source: www.tombow.com

  

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!