Press "Enter" to skip to content

Serial Castle Rock Stephen King – Season One

Netflix menghadirkan sebuah tayangan horor karya Stephen King. Film yang diaptasi dari novelnya ini bisa dibilang merupakan salah satu karya King yang menurut saya sangat berbobot untuk dijadikan sebuah tayangan seri. Sebelumnya Castle Rock memang telah ditayangkan di jaringan streaming Hulu tahun 2018 – 2919 dan mendapatkan respon positif dari para pemirsanya. Ratingnya sendiri mencapai 7.6/10 dari keseluruhan episode tayang.

Plot

Castle Rock adalah nama sebuah kota di berbagai kisah cerita Stephen King. King biasa menamakan multiversenya sendiri disetiap karya-karyanya. Jadi jangan heran jika ada berbagai kesamaan; apakah itu nama dari suatu kota, nama seseorang, hewan peliharaan ataupun yang lain-lain. Kesamaan-kesamaan ini ada yang terhubung atau bisa juga tidak antara satu dengan yang lainnya.

The Kid

Seorang kepala sipir Penjara Shawsank mendadak bunuh diri menjelang masa berakhir tugas dipenjara itu. Dale Lacy (Terry O Quinn) bunuh diri sehari sebelum ia pensiun dari jabatannya sebagai kepala lapas. Setelah kematiannya, posisi Dale lalu diganti oleh Theresa Porter (Ann Cusack). Kapasitas penjara yang terbatas membuat penjara semakin penuh hingga akhirnya Theresa memutuskan untuk menambah ruang tahanan dengan membuka blok sel yang telah lama ditutup selama dua puluh tujuh tahun. Di blok ini pula ditemukan seorang tahanan yang telah lama disekap. Theresa kemudian menamai orang ini sebagai The Kid (Bill Skarsgård) karena tidak ada informasi lengkap mengenai dirinya. Kid sempat menyebut nama Henry Mathew Deaver (Andre Holland) yang tak lain adalah seorang pengacara berasal dari kota Castle Rock.

Kembalinya Henry

Henry dulunya adalah penduduk asal kota ini yang merupakan anak adopsi dari pasangan Pendeta Matthew (Adam Rothenberg) dan Ruth (Sissy Spacek). Ia pernah menghilang secara misterius selama sebelas hari dan dituduh membunuh ayah angkatnya sendiri. Kembalinya Henry untuk membela Kid bahkan menjadikan bahan omongan warga sekitar. Henry berhasil menemui Kid yang semula keberadaannya dibantah Theresa.  Lewat bantuan sipir Zalewski (Noel Fischer) demi mendapatkan perhatian public ia mesti tewas tertembus timah panas karena berusaha menembak rekan-rekannya sendiri. Ia mencoba untuk mengumpulkan potongan demi potongan masa kecilnya demi mengungkap apa yang sebenarnya telah terjadi pada dirinya selama menghilang sebelas hari tersebut. Melalui bantuan Molly (Melanie Lynskey) teman semasa kecilnya dulu, Henry akhirnya mengetahui kejadian sebenarnya saat menghilang.

Ruth, Alan dan dunia paralel

Keluarga Deaver sebenarnya mengalami masa-masa sulit di kota tersebut. Sang ibu telah lama menjalin hubungan dengan sheriff Alan Pangborn (Scott Glenn). Hubungan gelap ini sebetulnya telah lama diketahui oleh Matthew secara diam-diam. Matthewlah yang terakhir kali mengajak Henry untuk pergi ke hutan bersamanya hingga sempat menghilang. Disisi lain sang ayah juga tengah mengalami depresi akibat penyakitnya hingga sempat untuk mengakhiri hidupnya sendiri sampai-sampai ia selalu mendengar suara-suara yang dianggap sebagai suara Tuhan yang tengah berbicara kepadanya. Membaca gelagat demikian, Henry pun melarikan diri dari sang ayah.

Bill Skarsgard di Castle Rock

Konklusi

Dari awal hingga akhir episode film ini berjalan sangat lambat. Latar belakang masa kecil Henry saat kecil diceritakan secara fragmen demi fragmen. Penyakit dimensia yang sedang menggerogoti Ruth juga menjadi salah satu bagian drama difilm ini yang tak terpisahkan dari keseluruhan episode. Misteri kemunculan Kid yang misterius sampai ia bertemu Henry juga menjadi elemen penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja hingga akhir episode. Memang maksud dari film ini adalah memancing para penontonnya untuk semakin kepo. Akting Bill Bill Skarsgård setelah film IT sangat meyakinkan untuk menjadi seseorang dingin dan misterius, walau dalam salah satu episode karakternya tersebut harus berubah. Film ini memang sebuah film horor yang diadaptasi dari novel Stephen King, tapi jangan berharap banyak ada adegan slasher dan gorenya. Dari episode satu sampai sepuluh hanya beberapa scene yang menunjukkan adegan darah-darahan. Selebihnya, ya klimaks setelah ditikam atau dipotong. Itulah mengapa saya cenderung untuk menggolongkan serial ini ke psychological-horror.

Creators  : Sam Shaw, Dustin Tomasson
Stars        : Bill Skarsgård, André Holland,
Based on : Stephen King
Drama, Psychological, Horror
13+
1 hour
2018

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!