Press "Enter" to skip to content

Seminggu Pakai Spion Merek RPM

Kaca spion RPM adalah spion alternatif dengan harga sangat terjangkau. Kaca Spion memiliki fungsi yang sangat penting dalam berkendara. Yakni memastikan pengendara dalam posisi aman dalam berkendara tanpa menghalangi pengendara lain.

Di postingan saya sebelumnya saya sudah mendapatkan spion baru pengganti spion motor saya yang pecah beberapa waktu lalu. Merek spionnya adalah RPM. Mereknya cukup singkat, cuma terdiri dari tiga huruf saja. Berikut ini saya akan sharing pengalaman pendek saya ketika pakai spion ini.  

Built-in spion RPM

Pertama kali saya pasang di motor Honda Vario saya memang ada yang kurang greget gitu. Seperti tangkainya yang lebih kecil dari original. Tapi bagaimanapun juga mesti dipasang, daripada saya harus terus terusan noleh kiri setiap akan berbelok.  Built-in nya sendiri mendekati dengan yang ori. Cuma ya itu tadi, tangkainya sedikit lebih tipis. Rumah kacanyapun terbuat dari semacam plastik atau juga risin padat? Yang ini saya perhatikan lebih kasar permukaannya ketimbang asli.  

Pemasangan

Saat dipasang di braketnya, tangkai tidak bisa masuk sepenuhnya pada drat sehingga hanya beberapa centimeter saja yang bisa masuk kedalam, selebihnya saya harus kencangkan dengan mur supaya tetap kokoh ketika dipakai jalan. Alhasil, karet penutupnya juga tidak bisa menutupi keseluruhan baut pada spion yang terpasang pada braket.

Ketika motor berhenti, pandangan saat melihat ke spion yang baru terasa janggal. Seperti sedikit lebih dekat obyeknya. Mungkin penglihatan saya yang bermasalah, ternyata tidak.

Spion rusak (atas) dan RPM (bawah)

Dipakai jalan

Benar saja, saat motor meluncur di jalan baru kelihatan kualitasnya. Pantulan obyek yang ditampilkan sedikit blur alias tidak jelas. Obyek yang dipantulkan melalui cermin kacanya dekat sekali. Semisal, ada mobil dari arah kiri berjarak kurang lebih sepuluh meter, saat melihat di spion jaraknya itu seperti lima meteran. Tentu tidak nyaman sekali buat saya, karena obyek yang dilihat di pantulan cermin tidak penuh secara keseluruhan dan jaraknya sangat dekat.  

Perbandingan antara spion original (kiri) dan RPM (kanan) – Beda harga beda kualitas

Kesimpulan

Spion merek RPM memang terbilang sangat murah dan cocok sekali buat mereka yang ingin berhemat. Tapi ada harga tentunya ada kualitas. Jadi jika anda ingin kualitas spion yang bagus, saya sarankan untuk membeli yang aslin dengan harga yang mungkin relatif cukup mahal.  

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!