Press "Enter" to skip to content

Review Film The Binding

Film The Binding mengisahkan Emma yang bertemu calon mertua untuk pertama kalinya dan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah bisa ia lupakan. Film berbahasa Italia ini dibintangi oleh bintang-bintang Italia tentunya dan telah tayang di Netflix pada 2 Oktober 2020 silam.

Plot

Pertemuan Emma dengan sang camer ,Teresa (Mariella Lo Sardo) semula wajar-wajar saja. Pastinya sedikit canggung karena orang ini adalah ibu dari laki-laki yang akan menjadi calon suaminya nanti. Sang ibu akhirnya bisa menerima Emma untuk menjadi menantunya. Namun, perasaan Emma mendadak berubah saat melihat Teresa dan Sabrina (Raffaella D’Avella) mengobati Sofia yang tergigit seekor tarantula ketimbang membawanya ke rumah sakit.Teresa meyakinkan Emma bahwa Sofia akan baik-baik saja apabila diobati olehnya. Francesco pun meyakinkannya bahwa ibunya memang dapat menyembuhkan siapa saja yang sakit. Merasa diyakinkan, Emma mengizinkan Sofia untuk meminum ramuan dari Teresa.

Keadaan Sofia bukannya membaik malah semakin memburuk. Akhirnya mereka membawa Sofia ke dokter setempat untuk segera diobati. Di rumah, tingkah Sofia malah semakin menjadi. Ia mencabuti rambutnya dan mengikatnya pada ranting pohon. Melihat hal demikian, Emma nekat pergi membawa Sofia untuk diobati ke rumah sakit yang lebih baik. Sial, ditengah perjalanan ia mengalami kecelakaan hingga Sofia menghilang.

Surat undanganmu itu loh

Setelah sadar, Emma berada di rumah Teresa lantas meminta Francesco untuk mencari Sofia. Sementara Francesco mencari, Emma menemukan sebuah kartu undangan pernikahan yang telah usang. Di undangan itu tertulis nama Francesco dan Ada (Federica Rosellini) . Ada adalah bekas asisten rumah tangga di rumah Teresa yang telah lama menghilang. Belakangan Emma mengetahui dari cerita Teresa bahwa dahulu Francesco berniat untuk menikahi Ada yang sedang mengandung kala itu dengan persyaratan Ada harus menggugurkan janin yang di dalam kandungan.

Tawaran Francesco pun ditolak. Ada malah berniat untuk membesarkan bayi yang ada dalam kandungan hingga membuat Francesco marah. Francesco pun menggunakan ilmu hitam untuk menggugurkan janin tersebut.

Praktek ilmu hitam

Dalam pencariannya, Francesco berhasil menemukan sebuah gua tempat Sofia ditawan Ada. Bukannya membebaskan Sofia, Ada malah menyantet Francesco untuk kembali bersamanya. Sementara di rumah, Teresa dan Emma mengadakan ritual untuk mencari Sofia dan Francesco. Lewat penerawangannya Emma akhirnya berhasil menemukan keberadaan ketiganya. Teresa mengingatkan Emma bahwa Ada sedang dalam pengaruh iblis dan berniat merebut Sofia dan Francesco dari sisinya.

Emma Bersama Teresa menuju gua dan hanya berhasil menemukan Sofia yang sedang tergeletak lemah kemudian mebawanya kembali ke rumah. Ritual kembali dilakukan Teresa dengan merapal mantra dan meminumkan ramuan ke Sofia. Sesaat kemudian, kaca jendela pecah. Teresa meminta darah dari Emma untuk disatukan agar Sofia bisa sadar kembali. Walau terkesan janggal, Emma lalu menusukkan gunting ke dada kirinya.

Tewasnya Ada

Emma tak sadarkan diri setelahnya. Teresa mendadak jatuh tak berdaya saat Ada menampakkan diri di ruangan itu. Ada menghampiri Sofia yang tersadar dan berusaha untuk mencekik anak perempuan itu. Jleb!  Tanpa disadari oleh Ada, Teresa menusukkan gunting ke leher perempuan yang bukan pilihan. Seketika itu pula Ada pun tewas.

Konklusi

Film The Binding bukanlah film yang cocok buat yang menyukai film horor bertempo cepat. Pasalnya, alur ceritanya berjalan sangat lambat. Harapan sang sutradara kepada penonton barangkali adalah memancing emosi untuk menggali lebih dalam lagi berbagai elemen di film The Binding ini. Sayangnya, elemen-elemen yang seharusnya bisa digali lebih dalam tadi malah menjadi semakin misteri yang gelap. Tembok rumah yang menghitam atau adegan Sofia mengikat rambutnya pada ranting pohon, (anak ini terkena santet atau dia mau menyantet). Pohon-pohon tumbang yang katanya diobati oleh Teresa, apa hubungannya dengan film yang katanya horor ini. Dan yang paling bikin kesel saya adalah tokoh Francesco yang tiba-tiba tersadar dan menjadi penutup film. Satu-satunya yang bikin saya masih pelototin film sampai akhir adalah suasana pedesaan di Italia sana yang adem dan asri ditambah pengambilan gambar dari atas dengan menggunakan drone.  

Director: Dominico Emanuele de Feudis 
Writers : Daniele Cosci,Samuel Stewart Hunter, 
Stars   : Mía Maestro, Giulia Patrignani, Riccardo Scamarcia
Horor, Misteri, Drama
PG-13  
1:33  
2020
All picture was taken from Netflix
 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!