Press "Enter" to skip to content

Perpanjang STNK di Gerai Samsat Blok M Square – nggak pakai ribet

Setiap tahun bagi pemilik kendaraan bermotor diwajibkan untuk membayar pajak kendaraannya. Biasanya pemilik kendaraan bermotor ini membayar pajak kendaraan atau perpanjang STNK ( pengesahan STNK) melalui Samsat Induk atau melalui gerai-gerai di titik-titik lokasi tertentu yang telah dikondisikan keberadaannya. Salah satu gerai perpanjang STNK yang menurut saya cukup cepat dari segi pelayanannya adalah yang terletak di kawasan Blok-M Square Jakarta Selatan. Gerai Samsat ini melayani pengesahan STNK dan SIM Roda 2 dan Roda 4 yang telah habis masa berlakunya.

Alur pengesahan STNK R2 dan R4 mulai tahap datang sampai pulang

Lokasi gerai samsat

Pintu lantai 3A. Di luar sebelah kiri ada parkir untuk kendaraan R2.

Berlokasi di Lantai 3A mal Blok-M Square menjadikan gerai ini cukup banyak diminati oleh para pemilik kendaraan bermotor yang ingin memperpanjang STNKnya. Ini bisa dilihat dari antusiasnya para pemilik yang datang lebih awal di lokasi. Selain lokasinya yang dekat dari tempat tinggal, dari segi pelayanannyapun cukup baik, setidaknya itulah yang saya alami ketika hendak memperpanjang STNK saya yang telah habis masa berlakunya.

Faktor lain yang juga menjadi alasan kenapa saya memilih gerai ini ketimbang yang lain adalah karena kenyamanannya saat berada di sana, ini bisa jadi karena lokasinya yang berada di dalam mal yang selalu terjaga kebersihannya.

Selain itu gerai samsat ini meyediakan juga layanan perpanjangan SIM R2 dan R4 yang sudah habis masa berlakunya.

Karena datang lebih awal kondisinya masih temaram

Gerai ini buka Setiap hari Senin – Sabtu. Jam operasional hari Senin – Jum’at pukul 09.30 – 15.00 WIB dengan waktu istirahat siang pukul 12.00-13.00 WIB, khusus hari Jum’at istirahat pukul 12.00-13.30 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtunya beroperasi pukul 09.30-12.00 WIB saja.

Dokumen yang harus disiapkan

Dokumen-dokumen sebagai persyaratan pengesahan yang harus disiapkan antara lain adalah:

Banner pengumuman kriteria R2 dan R4 yang siap disahkan
  1. STNK, BKPB, KTP asli. Siapkan juga salinan fotocopynya ya, masing-masing 1 rangkap. Kalau anda ingin membawa lebih dari satu, silahkan saja. Kemarin saat pengesahan saya hanya diminta 1 rangkap saja.
  2. Pastikan alamat KTP dengan STNK sama. Sebab jika tidak, anda hanya bisa mengurus pengesahan tersebut di SAMSAT induk. Buat kendaraan berstatus “Leasing” atau “Titipan” hanya bisa diproses di Samsat Induk.
  3. Bawa alat tulis (pulpen) sendiri biar nggak bikin susah orang lain. Siapkan juga staples ato jegregan.
  4. Lebih baik datang lebih awal. Saya sendiri datang setengah jam sebelum gerai dibuka dan saat itu kondisinya memang sudah mulai sedikit ramai. Disamping itu juga kita bisa mendapat pengarahan langsung dari petugas yang bersangkutan mengenai proses pengesahan.
  5. Siapkan uang tunai lebih. Sebab, di gerai ini tidak melayani pembayaran dengan non-tunai serta mengantisipasi jika ada kenaikan pajak kendaraan.
  6. Berdoa semoga dilancarkan prosesnya. Syukur-syukur ada yang tidak hadir ketika namanya dipanggil oleh petugas, jadi anda bisa diproses lebih cepat.

Mudah bukan? Tidak sampai lima belas menit STNK anda yang telah disahkan sudah bisa diambil. Kuncinya datang awal, dokumen lengkap serta isi formulir cepat.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!