Press "Enter" to skip to content

Beli Masker KN95 – Saya kira lima lapis, ternyata..

Saat ini ada banyak masker yang beredar di pasaran sebagai salah satu alat untuk mencegah & menekan penularan Covid-19. Masker masker ini terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan penggolongannya. Khusus yang saya bahas disini adalah masker tipe KN95. Sesuai Namanya, masker KN95 sendiri merupakan versi lain dari masker N95. Jika masker N95 digunakan sebagai standar medis Amerika Serikat, sedangkan masker KN95 merupakan standar medis Cina.

Bentuk dan warna masker KN95

Masker KN95 ini terbilang cukup modis dengan berbentuk seperti paruh burung pelatuk dan berwana putih. Bentuknya yang seperti paruh burung tadi manjadikan masker ini dapat dilipat menjadi dua bagian secara simetris, walau demikian, disarankan untuk tidak melipatnya ketika tidak digunakan karena akan mengurangi keefektifan masker ini saat menyaring partikel. Masker ini tergolong earloop karena menggunakan dua tali untuk disangkut pada masing-masing telinga.

Dikemas rapi menggunakan kardus yang berisi sepuluh buah masker. Di luar kardus tertulis merek produk masker ini dan beberapa logo serta tulisan izin Kemenkes walau sempat saya ragukan keabsahannya.  Walau tertulis pada kardus terdiri dari lima lapisan, setelah saya gunting sehabis pemakaian nyatanya hanya terdiri dari dua lapisan saja. Lapisannya pun tidak setebal seperti lapisan luarnya. Bahannya terbuat seperti kertas tisu.

Maskernya terdiri dua layer saja

Masker ini saya beli disebuah toko daring yang cukup terkenal seharga Rp 18,000 per kotak. Satu kotaknya berisi sepuluh buah masker yang telah dibungkus rapi dengan plastik transparan.

Ini ada barcode untuk discan

Apakah masker KN 95 layak dibeli tidak?

Kalau anda seorang pekerja medis, sangat tidak disarankan untuk menggunakan masker ini karena menurut kabar yang beredar, Amerika telah melarang penggunaan masker tipe KN95 ini dinegaranya. Konon, karena harga masker KN95 yang sempat masuk ke Amerika beberapa waktu silam dijual cukup terjangkau dibanding masker N95. Entah itu persaingan dagang antar negara atau bukan.

Soal keefektifannya, saya malah berpendapat masker ini cukup baik dibanding masker satu lapis yang telah banyak dijual bebas dari yang bermerk maupun non merek.

Apakah layak untuk dibeli? Saya persilahkan anda untuk menilainya sendiri.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *