Press "Enter" to skip to content

Nobody – Aksi Bob Odinkirk saat jadi ayah garang

Film Nobody bisa saya bilang seperti film action kebanyakan. Si jagoan yang tidak sengaja ketemu masalah dengan penjahat sampai menghabisinya satu persatu dengan solo action. Bob Odinkirk yang selama ini dikenal lewat film komedi, kali ini harus memerankan karakter yang garang. Namun demikian, elemen humor tetap sengaja disisipkan.

Bob Odinkirk jadi bapak-bapak ngamuk

Plot

Mantan “auditor” militer

Hutch Mansell (Bob Odinkirk) bekerja disebuah pabrik, setidaknya itu yang diketahui oleh keluarga dan orang-orang sekitarnya. Menjalani rutinitas sehari-hari pada umumnya. Dari menunggu bus ke tempat kerja sampai-sampai ketinggalan truk pengangkut sampah setiap paginya. Tak ada yang istimewa dalam diri Hutch yang tentram dan jauh dari marabahaya. Hingga suatu malam dua pencuri masuk ke rumahnya. Dibantu oleh puteranya, Blake (Gage Munroe) Hutch bisa saja melumpuhkan kedua pencuri itu andai ia tidak membiarkan keduanya pergi. Alhasil, putera dan istrinya menjadi kecewa dan mencap Hutch sebagai seorang pengecut.

Membuka identitas

Suatu saat ia terpaksa harus membuka identitas yang selama ini disembunyikan dari Beca (Connie Nielsen) setelah berurusan dengan mafia Rusia yang telah menyerbu rumahnya. Alasannya sederhana, Hutch telah menewaskan adik Yulian Kuznetsov (Aleksey Serebryakov), salah seorang petinggi mafia Rusia di daerah tersebut. Membuka identitas dari nobody menjadi somebody berarti juga membuat orang-orang terdekat Hutch menjadi terlibat, tak terkecuali ayahnya David (Christopher Lyod) yang kini tinggal di panti werda. Persoalan menjadi semakin pelik setelah Hutch membakar semua uang milik Yulian sebagai investasi yang dipercayakan sindikat untuk dikelolanya. Hutch sadar akan perbuatannya tersebut malah akan semakin membahayakan diri dan keluarganya.

Oleh karenanya agar persoalan ini tidak menyeretnya lebih, ditambah desakan adiknya, Hutch menghadap Yulian sendirian ke pub milik sang mafia itu. Disana Hutch menceritakan alasan mengapa ia harus membunuh adik Yulian dan membakar semua uang-uangnya. Yang jelas Yulian tidak bisa menerima alasan Hutch begitu saja. Belum lagi kerugian dan akibat yang bakal diterima dirinya dari sindikat. Tahu posisinya terjepit, Hutch segera bergegas keluar meninggalkan pub sambil memegang ranjau ditangan sebagai jaminan keselamatannya.

Nobody diwarnai kejar-kejaran mobil

Kejar-kejaran serta baku tembak pun terjadi di sepanjang jalan. Sampai akhirnya Hutch berhasil memancing kawanan mafia tersebut ke pabrik yang telah dipersiapkan olehnya. Tanpa disangka ayah dan adiknya Harry (RZA) membantu Hutch. Ketiganya bahu membahu melumpuhkan Yulian dan anak buahnya. Yulian sendiri tewas setelah Hutch meledakkan ranjau ke tubuh sang mafia.

Konklusi

Film Nobody sebenarnya tidak menghadirkan sesuatu yang baru. Jagoan mantan seorang agen atau pembunuh bayaran.  Balas dendam tanpa ada yang bisa menghentikannya. Sang penulis naskah Derek Kolstad merupakan penulis trilogi John Wick, jadi ia tahu benar bagaimana menempatkan elemen-elemen yang pas agar film ini hidup. Yang menjadikan film ini berbeda dari John Wick ialah elemen kejutannya. Kejutan disini adalah karakter yang dibangun oleh Hutch sebagai seorang bapak yang sedang mengalami mid-life crisis. Hutch digambarkan sebagai sosok bapak-bapak yang cupu dan bahkan terkesan pengecut oleh anak dan istrinya. Namun pada akhirnya berubah 360 derajat sehingga siapapun tak akan bisa untuk mencoba meremehkannya. Nama Bob Odinkirk kita tahu besar lewat serial Breaking Bad dan Better Call Saul. Siapapun tak akan menyangka bahwa Odinkirk bisa menjadi aktor laga dan mensejajarkan dengan Keanu Reeves tanpa harus menghilangkan sisi humorisnya walau terkesan gelap.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *