Press "Enter" to skip to content

Awake – Saat Sindrom Insomnia Menjadi Wabah Dunia

credit: imdb

Setidaknya kita semua pernah mengalami insomnia, meski instensitasnya berbeda? Insomnia ialah suatu kondisi dimana kita selalu terjaga dan sulit untuk memejamkan mata. Film Awake mengangkat tema dari keadaan tersebut. Hanya, yang menjadi perbedaan sindrom insomnia pada umumnya dengan di film tayangan Netflix ini insomnia bermutasi menjadi suatu wabah.

Plot

Kekacauan global

Dunia dilanda kekacauan. Hal ini terjadi setelah bencana misterius yang mengakibatkan semua benda yang mengandung listrik mati total. Mobil yang sedang berjalan tiba-tiba berhenti dan bertabrakan satu dengan yang lainnya, lampu-lampu padam seketika, benda-benda eletronik tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Praktis, semua fasilitas yang ditenagai oleh listrik tidak bisa digunakan sama sekali. Tidak hanya itu, suatu fenomena menjangkiti manusia dimana mereka tak lagi memiliki kemampuan untuk memejamkan matanya alias tidur. Para ilmuwan berpacu melawan waktu guna menemukan solusi dari fenomena ini sebelum manusia berada di ambang kepunahan.


Tahap pertama saat terjangkit wabah, dalam 48 jam mereka tak tidur kemampuan berpikir dan motorik berkurang serta akan menjadi lebih parah jika dalam 5-6 hari tetap terjaga mereka akan mengalami halusinasi dan histeria.

Matilda

Jil Adams (Gina Rodriguez) mempunyai seorang anak perempuan yang diketahui memiliki kemampuan untuk tidur secara normal. Mantan tentara ini harus berupaya keras menyelamatkan putrinya apalagi kabar mengenai kemampuan Matilda ( Ariana Greenbalt) tersebar luas.

Orang-orang berdiskusi untuk mengorbankan Matilda untuk menemukan obatnya sebagaimana pengorbanan yang dilakukan para nabi. Jill dalam tekanan, namun ia harus tetap berpikir jernih untuk tetap bisa menyelamatkan sang putri. Bersama dengan putranya Noah (Lucius Hoyos), mereka bertiga menyelamatkan diri agar terhindar dari berbagai upaya penculikan Matilda.

Hub

Upaya untuk menemukan obat dari wabah pun dilakukan Jil termasuk menghubungi mantan atasannya yang sedang mengadakan penelitian guna mendapatkan obat. Sesampainya dimarkas itu bukanlah obat yang Jill dapat melainkan kekacauan total. Semua tentara saling tembak dan membunuh satu dengan yang lain.

Seorang tentara yang tidak bisa tidur bertanya;

 “ Who are you?”

“I am Jill!”

Dor! Tiba-tiba mati deh tuh tentara karena menembak dirinya sendiri.

Konklusi

Ide cerita yang diangkat di film ini bisa dibilang unik karena mengangkat tema insomnia yang lazim terjadi pada manusia. Untuk akting Gina Rodriguez serasa kurang greget untuk menjadi seorang ibu yang tengah dilanda kekalutan dalam keluarga. Namun hal ini masih bisa ditutupi dengan kemampuan akting Ariana sebagai putrinya walau ikatan emosi antar keduanya kurang cukup meyakinkan.

Banyak ketidak konsistenan cerita di film ini. Contohnya adegan saat Matilda tenggelam dan berhasil diselamatkan oleh petugas, semestinya pertolongan yang dilakukan saat korban mulai siuman tidak langsung didudukkan melainkan dibaringkan kesamping. Ada pula adegan saat mobil yang ditumpangi mereka berjalan dikerumunan orang yang sedang berdiri telanjang, saat itu suasananya siang hari tiba-tiba saja berubah menjadi sore ketika mereka berlalu dari kerumunan tersebut. Selama itukah perjalanannya?

Dan yang paling tidak masuk akal untuk film tergolong sci-fi adalah penemuan obat dari wabah ini ialah membuat mati sementara orang yang masih hidup. Dan ini sudah berhasil dilakukan oleh Matilda kepada kakaknya, dan mungkin juga sang ibu karena pada saat akhir film yang terdengar hanya suara batuk setelah ia ditenggelamkan.

Film awake mengangkat tema yang tidak pada umumnya. Mungkin si penulis beranggapan kisah-kisah zombie sudah terlalu mainstream untuk dijual, lantas kepikiran untuk mengangkat ide yang unusual. Jadi jangan coba bandingkan film ini dengan film-film sejenis lainnya ya, karena dari segmentasi pasarnya juga kan sudah beda. Masak bandingin film Awake Netflix dengan The Happeningnya M Night Shyamalan? Kan nggak fair lah…

Director: Mark Raso
Writers  : Joseph and Mark Raso
Stars       : Gina Rodriguez, Ariana Greenbaltz
Scifi, drama, adventure, thriller  
13+  
1:36  
2021

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!